“SEMANGAT”
“KEPEDULIAN UNTUK GENERASI BANGSA”
Filosofi dan Makna
- Kata “Kepedulian” merujuk pada sekolah sebagai instansi yang memiliki rasa peduli terhadap perkembangan dunia pendidikan, sosial, budaya dan system kemasyarakatan yang berimplikasi langsung kepada generasi bangsa (dalam konteks ini adalah peserta didik).
- Generasi Bangsa, secara luas dimaknai seluruh pemuda dan pemudi yang dipersiapkan untuk meneruskan perjuangan bangsa Indonesia, dan membawa bangsa Indonesia kearah yang lebih baik. Secara khusus, kata “Generasi Bangsa” merujuk kepada siswa dan siswi sekolah yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi, peka terhadap perkembangan dunia, memiliki tingkat edukasi yang mumpuni.
- Secara keseluruhan, brand tersebut memiliki makna bahwa “Kepedulian” merujuk kepada seluruh system yang memiliki relevansi dengan dunia pendidikan.
- Sekolah sebagai Instansi, memiliki kepedulian kepada peserta didik, system infrastruktur, kurikulum yang efektif, serta pembentukan suasana belajar yang nyaman.
- Guru, memiliki kepedulian terhadap pengembangan diri, memiliki kemauan untuk berinovasi, sehingga mampu menerapkan system pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.
- Alumni, memiliki kepedulian terhadap almamaternya, memberikan sumbangsih baik berupa fasilitas maupun aspek lain yang berimplikasi langsung terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Budi Bhakti Depok.
- Orang Tua / Wali Murid, memiliki kepedulian terhadap perkembangan belajar peserta didik, memberikan masukan dan saran yang efektif, baik kepada pihak sekolah maupun peserta didik ketika di rumah.
- Masyarakat, memiliki kepedulian terhadap sekolah, memberikan sumbangsih berupa pemanfaatan fasilitas umum bagi sekolah.
- Stakeholder, memiliki kepedulian bagi pengembangan kualitas sekolah, melalui system kerjasama, penggunaan guru PPL, dan peningkatan kualitas dan kuantitas pustaka, sebagai bahan rujukan bagi peserta didik.
Strength (Kekuatan) : SMA Budi Bhakti Depok memiliki kekuatan berupa sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung proses belajar mengajar. Letak SMA Budi Bhakti depok yang berada di tengah kota, menunjang peningkatan kualitas belajar dan mengajar. Sehingga konsep “Kepedulian” yang ditekankan dalam tagline branding tersebut menjadi relevan ketika segala bentuk akses dan fasilitas dapat dijangkau.
Weakness (Kelemahan) : Dengan adanya system wilayah (zonasi), SMA Budi Bhakti Depok dengan tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa” tidak memiliki kesempatan untuk melakukan filtrasi terhadap kualitas peserta didik. Sebab, walaupun dengan kemampuan yang tidak memenuhi standart yang ditetapkan pihak sekolah, peserta didik tersebut juga merupakan Generasi Bangsa. Sehingga diperlukan usaha yang lebih keras, atau perlakuan khusus untuk bisa mencapai standart yang telah ditetapkan terhadap peserta didik tersebut.
Opportunity (Peluang) : dengan tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa”, SMA Budi Bhakti Depok memiliki kesempatan untuk menjadi sekolah pelopor kepedulian bagi generasi penerus di Indonesia, dan Depok khususnya. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk membuat program-program baru yang merujuk pada peningkatan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah, baik dari segi penggunaan teknologi yang terbarukan, atau meningkatkan kompetensi para pendidik.
Threats (Ancaman) : ancaman dengan tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa” yang dimiliki SMA Budi Bhakti Depok dapat berasal dari competitor (sekolah lain). Terlebih apabila competitor tersebut masuk kategori sekolah unggulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar